BUPATI GOWA ANCAM PIDANAKAN KEMENDIKNAS JIKA UN DI GELAR

Bupati Gowa Ancam Pidanakan Kemendiknas Jika UN Digelar


Ilustrasi Ujian Nasional

GOWA, KOMPAS.com – Bupati Gowa H Ichsan Yasin Limpo akan menempuh jalur hukum jika Kementerian Pendidikan Nasional tetap menggelar ujian nasional (UN) tahun 2013 mendatang. Penyataan Ichsan diungkapkan di depan ribuan guru yang memperingati hari guru yang dirangkaikan peringatan HUT Ke-67 PGRI di gedung Haji Bate, Kecamatan Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (17/12/2012).

“Saya akan mempidanakan Kemendikbud (Kemendiknas, red) jika tetap melangsungkan UN tahun 2013 mendatang,” tegasnya.

Menurut adik kandung Gubernur Sulsel ini, pelaksanaan UN dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 45 dan juga UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Selain itu juga, ia menilai pelaksanaan UN terkesan hanya menghambur-hamburkan uang negara.

“Bayangkan saja, setiap tahunnya, negara harus menggelontorkan uang sekitar Rp 480 miliar hanya untuk membiayai pelaksanaan UN tersebut. Angka itu belum termasuk biaya pelaksanaan ujian paket yang jumlahnya mencapai angka triliunan rupiah,” ungkapnya.

Ichsan menambahkan, jika sekiranya anggaran UN dan anggaran untuk pelaksanaan ujian paket tersebut dialihkan untuk peningkatan kualitas guru dan juga pendidikan, akan jauh lebih baik dan bermanfaat.

“Selain terkesan menghambur-hamburkan uang negara dalam jumlah yang tidak sedikit, pelaksananan UN juga sekaligus membuka jalan bagi guru untuk masuk ke neraka karena kecurangan yang dilakukannya dalam membantu siswanya pada saat UN. Kecurangan ini hanya bisa kita berantas dengan menghilangkan UN,” tegas Ichsan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s