FAKTA UNIK DARI BERBAGAI LAGU KEBANGSAAN

Pemain Sepak Bola, Lagu Kebangsaan
Lagu kebangsaan atau dalam bahasa Inggris, national anthem, memang amat penting karena memperkuat identitas sebuah bangsa. Tak jarang, menyanyikan lagu kebangsaan menimbulkan rasa bangga di dalam dada.

Karena banyaknya negara di dunia ini, lagu-lagu kebangsaan pun jadi amat menarik untuk diulik. Negara mana yang punya lagu kebangsaan terpanjang? Yang terpendek? Apakah Anda memperhatikan kalau tim sepak bola nasional Italia menyanyikan lagu kebangsaan mereka lebih keras dan lebih bersemangat dalam final Piala Eropa 2012 lawan Spanyol?

 

Apakah kamu sadar kalau lagu kebangsaan Prancis (La Marseillaise) terdengar begitu mirip dengan salah satu lagu nasional kita, Dari Sabang Sampai Merauke? Simak fakta lainnya sekarang :

 

1. Yunani
Negara indah ini tercatat sebagai negara dengan lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Judulnya Imnos pros tin Eleftherian, terdiri dari 158 bait dengan 8 baris di setiap bait. Wow! Butuh berapa lama untuk menyanyikannya? 

 

2. Jepang
Sepertinya memang disesuaikan dengan karakter penduduk Jepang yang tidak suka buang-buang waktu, demikian pula tentang lagu kebangsaan mereka. Lagu itu berjudul Kimigayo, digubah pada abad ke-10 dan mempunyai 31 suku kata.

 

Liriknya berbunyi, kimigayowachiyoniyachiyonisazareishinoiwaotonaritekokenomusuma, yang artinya kira-kira begini, “Semoga kekuasaan Yang Mulia, berlanjut selama seribu (tahun), delapan ribu generasi. Sampai kerikil berubah menjadi batu karang, yang diselimuti lumut.” 

 

3. China
Ini fakta yang terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola antar-negara China dan Yunani, seperti biasa musik kebangsaan dua negara diputar keras-keras. Kedua tim berdiri berdampingan, demikian pula para penonton. Karena pertandingan diselenggarakan di Athena, seluruh penonton dan tim sepak bola Yunani berpikir itu adalah lagu kebangsaan China. Sebaliknya, tim China pun berpikir itu lagu kebangsaan Yunani!

 

Belakangan diketahui, yang terputar adalah lagu iklan komersial pasta gigi!

 

4. Spanyol
Spanyol menuntut permintaan maaf setelah dalam pertandingan tenis Piala Davis di Australia tahun 2003, panitia salah memutar lagu kebangsaan mereka. Bukannya The Marcha Real yang terdengar, tetapi justru lagu kebanggaan Partai Republik Spanyol saat Perang Dunia!

 

5. Cyprus
Cyprus adalah sebuah negara kecil yang 80% penduduknya merupakan keturunan Yunani, sementara 20% lainnya keturunan Turki. Negara tersebut menjadi satu-satunya bangsa yang tidak memiliki lagu kebangsaan! Jadi, kalau diperlukan, Cyprus bergantian ‘meminjam’ lagu kebangsaan Yunani dan Turki.

 

6. Inggris
Selain The Star-Spangled Banner (Amerika), barangkali God Save The Queen menjadi lagu kebangsaan yang paling populer di seluruh dunia. Band punk Sex Pistols turut andil di dalamnya, walaupun perlu diingat, lagu God Save The Queen versi John Lydon dan kawan-kawan sama sekali bukan versi aslinya.


7. Republik Somaliland
Jangan heran kalau belum pernah dengar nama ini. Republik Somaliland terletak di sebelah barat laut Somalia, memproklamirkan kemerdekaannya pada Mei 1991. Sayangnya tidak ada kalangan internasional yang mengakui kedaulatan negara kecil ini.

 

Tak heran, kalau lagu kebangsaan negara ini hanya bertahan selama 5 hari! Yaitu mulai 26 Juni 1960 sampai 01 Juli 1960.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s