8 pertanyaan Anak kecil tentang Sains yang Belum Terjawab

 

 
Kirim Berita Melewati :
8.Bagaimana Sepeda Bisa Tegak ( Jika Berjalan )
[lihat.co.id] – Kita selalu diberi jawaban mengenai efek gyro jika bertanya mengenai bagaimana sepeda bisa tegak jika dikendarai. Nyatanya percobaan tahun 1970 yang dilakukan oleh David Jones menolak teori ini. ilmuwan kemudian berteori bahwa ada efek caster yang menjaga agar sepeda tidak jatuh jika dikendarai.

Celakanya tahun 2011 kemarin kumpulan ilmuwan dari cornell university membuat sepeda tanpa efek gyro dan efek caster, voila : sepedanya tetap tegak jika dikendarai. jadi teori berikutnya apa?

 
 
7.Kenapa Kita Tidur
Pertanyaan sederhana ini biasanya dijawab dengan jawaban seperti : untuk mengembalikan tenaga, konsentrasi, refresh otak, mengendapkan pikiran dan jawaban “standar” lainnya. Semua teori yang disebutkan itu punya kelemahan, tumbuh tumbuhan atau hewan sel tunggal setiap hari dalam kondisi dorman yang mirip sekali dengan tidur, padahal mereka tidak punya jaringan kompleks seperti manusia.

Jawaban bahwa tidur dapat menjaga kesehatan juga tidak terbukti, karena belum pernah ada penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan kematian.

Bahkan baru baru ini ilmuwan telah menemukan gen yang memungkinkan kita tidur 4 jam sehari tanpa menerima efek buruk. Jadi bilang saja pada ortu agan jika Agan main game sampai larut malam (atau pagi) sebenarnya tidak berpengaruh banyak terhadap kesehatan agan

 
 
6.Berapa Jumlah Spesies Makhluk Hidup
 
Di Buku biologi SMA kita selalu diberitahu bahwa jumlah makhluk hidup ada jutaan spesies, kenyataannya adalah bahkan para ahli takson ( ahli dalam mengelompokkan dan mengidentifikasi makhluk hidup ) tidak dapat memberikan angka perkiraan berapa juta spesies yang ada di bumi.

Agan mungkin bertanya kenapa susah sekali memperkirakan jumlah spesies, pertama, walaupun riset spesies setiap tahunnya menemukan 15 ribu spesies baru, biasanya hanya terjadi pada hemisfer utara (yang secara teknologi lebih maju), hemisfer selatan ( ya termasuk sebagian besar Indonesia) kurang banyak melakukan riset spesies. Kedua diperkirakan 99 % dari makhluk hidup ada di lautan, padahal umat manusia baru menjelajahi kurang lebih 10 % diantaranya.

5.Bagaimana Gravitasi Bekerja

Di alam semesta ada 4 gaya mendasar dan gravitasi adalah yang paling aneh, di mana mana ada gravitasi dan tidak peduli seberapa jauhnya partikel di sudut Alam semesta, partikel itu akan tertarik gravitasi bumi . Walaupun ada dimana mana gravitasi merupakan gaya yang paling lemah, jika agan menempelkan magnet positif dan negatif, daya tarik menariknya adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 kali lebih kuat dari gaya gravitasi bumi menahan Agan tidak melayang layang di angkasa.

Lebih membingungkan lagi, karena gaya yang lain pasti mempunyai partikel sendiri, tapi graviton (hipotesa partikel dari gravitasi) belum pernah ditemukan sampai sekarang, tidak seperti semua gaya dasar lain yang ditemukan mulai abad 19 an.

Tapi yang paling membingungkan adalah pada level molekul dan atom (dan lelembut yang lebih kecil lagi) gaya gravitasi tidak bekerja sama sekali. Nah lo !!!. Gravitasi adalah satu satunya alasan kenapa fisika kuantum dan fisika praktis belum akur. Jawaban bagaimana gravitasi bekerja pasti akan mengantar Agan menjadi peraih nobel fisika!

 
4.Berapa Planet yang ada dalam Tata Surya

 
 
 
 
 
 
 
Beberapa Tahun lalu Pluto tidak lage masuk dalam kategori planet, bahkan astrofisikawan termaju tidak benar benar yakin bahwa lebih jauh dari planet neptunus tidak ada planet lagi (yang berpotensi ditetapkan menjadi planet di tata surya).
Loh, bukankah teleskopi raksasa kita bisa menangkap citra bintang yang berada belasan milyar tahun cahaya ? kenapa kita tidak bisa mengetahui benda langit di tata surya yang lebih jauh dari planet neptunus (sekarang disebut trans neptunian) ?. Jawabannya adalah karena sinar matahari kita tidak dapat menjangkau benda langit yang sedemikian jauh dan penjelajah angkasa kita masih belum sampai kesana.

Misteri di wilayah trans neptunian benar benar menggugah rasa ingin tau para ilmuwan, sampai saat ini yang sudah diduga ada di wilayah itu adalah #1 planet sedna yang walaupun tidak ada yang yakin ukurannya semua ilmuwan setuju bahwa planet ini lebih besar dari pluto. #2 ada planet gigantik sebesar 4 kali jupiter yang gravitasinya mengarahkan komet ke arah orbit matahari (termasuk orbit bumi). #3 matahari diperkirakan punya kembaran yang berupa bintang kerdil coklat dan #4 tidak ada yang benar benar tahu seberapa jauh wilayah ini

 
 3.Berapa Luas dari Suatu Negara di Dunia
berapa sih luas daratan Indonesia, kalau menurut wikipedia adalah 1.904.500 Km2 tapi beberapa referensi lain menyebutkan angka yang lain. Beberapa berargumen itu adalah masalah akurasi perhitungan saja kok, padahal itu SALAH BESAR.
Masalah utama dalam menentukan luas suatu wilayah adalah batas wilayah, tahu kan kalau Indonesia masih berebut pulau pulau terluar dengan negara tetangga, belum lagi ada pulau yang timbul tenggelam saat laut pasang dan surut. Yang paling parah adalah proyek proyek reklamasi raksasa yang secara signifikan menambah luas di satu tempat dan menguranginya di tempat lain.
Pertanyaan lain yang belum bisa dijawab yang mirip mirip seperti berapa panjang garis batas pantai Indonesia, berapa luas lautan Indonesia dan pertanyaan geografis lainnya.
Lalu berapakah luas Indonesia?
 

2.Kenapa Es Licin
Karena es basah, adalah jawaban asal asalan dari teman ane, ane dah cari2 jg tuh penjelasanny di google.. beda2 semua jawaban dan pengertiannya.. Penjelasan paling masuk akal adalah es akan mencair jika ditekan (tentu jadi licin) baru baru ini percobaan ini membuktikan hal itu salah.
apa agan ada yang tau kenapa ??
 
 
1.Seberapa Besar Kemungkinan Anda Menang Game Soliter
Agan2 pernah bermain game Soliter di kala bosan ? tentu pernah. Game legendarisini dipercaya paling banyak dimainkan di dalam sejarah komputer modern (terima kasih microsoft). Nah tentu di saat bermain soliter agan pernah stuck (padahal semua langkah benar), itulah kenapa Soliter adalah salah satu game yang AI nya tidak selalu menang (padahal aturan mainnya gampang).

Beberapa matematikawan berusaha untuk mencari kemungkinan menang dalam satu game soliter dan tidak berhasil. Bahkan langkah pertama dalam menentukan kemungkinan menangnya, yaitu membuat ruang sampel juga buntu. Jika agan pernah belajar statistik, menentukan ruang sampel adalah prasyarat memecahkan permasalahan statistik.
ane maen kadang menang ama kalah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s