MASYARAKAT DIAJAK LAPORKAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN

Masyarakat Diajak Laporkan Kebutuhan Pendidikan


Tampilan Portal Bantu Sekolahku

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membuka portal bantu sekolahku (http://bantusekolahku.kemdikbud.go.id) yang terbuka bagi orang tua, siswa, guru, dan pemangku kepentingan lain agar melaporkan kebutuhan pendidikan mereka langsung ke pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Ada empat fitur utama dalam program ini yaitu cari satuan pendidikan, laporkan kebutuhan, telusuri kebutuhan, dan laporan bantu sekolahku. Masyarakat dapat memanfaatkan portal ini mulai Rabu (12/12/2012).

Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Naim mengatakan dalam sistem ini komunikasi antara masyarakat dengan pengelola pendidikan menjadi lebih interaktif.

Sistem ini bisa lebih efektif memonitor pelayanan yang belum sampai. Misalnya, apakah di sekolah tertentu siswa yang tidak mampu sudah semua mendapatkan bantuan siswa miskin, apakah penyaluran bantuan tepat sasaran dan waktu, kata Na’im.

Pembuatan sistem ini melibatkan Bank Dunia, Uni Eropa, dan Kerajaan Belanda. Sistem yang terintegrasi dengan media sosial facebook dan twitter ini ini diklaim sebagai sistem pertama di dunia. Sebelumnya ada sistem serupa di Filipina, tetapi tidak melibatkan pemerintah dalam pengelolaannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s