Definisi dan Pengertian Globalisasi

Pengertian dari Globalisasi – Berbagi Cerita kali ini akan menjelaskan tentang arti kata atau defenisi globalisasi. Kata ini memang tak asing di telinga kita. Isu-isu teknologi, politik dan keamanan selalu mendengung-dengungkan globalisasi. Padahal sebenarnya istilah globalisasi sendiri bukanlah suatu hal yang baru. Selama ribuan tahun, banyak orang-orang dan perusahaan telah melakukan praktek “globalisasi” dengan berinvestasi dan mendirikan usaha di negara lain. Bahkan, banyak praktek dari gelombang arus globalisasi telah banyak dilakukan sebelum pecahnya Perang Dunia Pertama pada tahun 1914.

Arti Kata Globalisasi
Menurut situs ensiklopedia terkenal, wikipedia, Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Sedangkan dikutip dari bbc.co.uk Globalisasi adalah proses dimana dunia menjadi semakin saling terkait sebagai akibat dari meningkatnya perdagangan secara besar-besaran dan pertukaran budaya secara global. Globalisasi telah meningkatkan produksi barang dan jasa. Perusahaan terbesar tidak lagi hanya mencakup jangkauan nasional, tetapi sudah menjadi multinasional dengan anak perusahaan dan cabang di setiap negara.

Defenisi Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sistim organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh DUNIA untuk mengikuti sistin dan kaidah-kaidah yang sama.
  • Menurut Thomas Princenton N. Lyman, globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
  • Menurut Albrow, globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global. Karena proses ini bersifat majemuk, kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan.
  • Menurut Emanuel Ritcher, globalisasi adalah adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
  • Menurut Achmad Suparman, globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (Benda / Perilaku) Sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa di batasi oleh wilayah
  • Defenisi globalisasi menurut kamus dewan adalah fenomena yang menjadikan dunia mengecil dari segi perhubungan manusia disebabkan kepantasan perkembangan teknologi maklumat. Manakala cediakawan barat mentakrifkan globalisasi sebagai satu proses kehidupan yang serba luas dan infiniti merangkumi segala aspek kehidupan seperti politik, sosial, dan ekonomi yang boleh dirasai oleh seluruh umat manusia didunia ini. Ini bermakna segala-galanya menjadi milik bersama dalam konsep dunia tanpa sempadan.

Read more: http://sdn02garagata.blogspot.com/#ixzz2PQM6rpgB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s